Resources

Viral! Artis Ramai-ramai Beli Spirit Doll, Ikutan Beli Atau Ditabung Saja?

Spirit doll ramai diperbincangkan karena banyak para artis yang membelinya. Apa sih spirit doll itu? Yuk, simak ulasannya di artikel berikut ini!

spirit doll

Saat ini, di Indonesia sedang terjadi fenomena spirit doll. Banyak kalangan artis yang membeli boneka untuk dijadikan seperti layaknya anak mereka. Lalu, apa sih spirit doll itu? Boneka tersebut merupakan boneka yang menyerupai bayi dan diperlakukan seperti anak sendiri dengan diberi makan, pakaian, bahkan dirawat setiap hari. Banyak dari kalangan artis yang membeli boneka tersebut, salah satunya yaitu Ivan Gunawan. 

Berdasarkan dari laman The Culture Trip, spirit doll mirip seperti boneka bayi dari Thailand yang disebut dengan Luk Thep. Luk Thep, atau malaikat anak dalam bahasa Thailand, merupakan boneka bayi yang dipercaya dirasuki roh halus pembawa keberuntungan dan kemakmuran. Harga boneka tersebut kini dibanderol mulai dari ratusan ribu hingga ratusan juta rupiah. Harga termahal boneka yang pernah terjual yaitu sekitar Rp103 juta. Wah, kalau punya uang sebanyak ini apakah kamu akan membelinya? Atau, malah berpikir menggunakan uangnya untuk ditabung? Berikut beberapa manfaat menabung yang perlu kamu ketahui!

Baca juga: Yuk, Atur Uang Lebih Mudah dan Bijak dengan Prinsip 50-30-20

#1 Menyimpan untuk dana darurat (emergency fund)

Manfaat menabung yang pertama ialah untuk membantu mengantisipasi kebutuhan yang datang tidak terduga. Oleh karena itu, sangat penting untuk menyisihkan pendapatan setiap bulannya untuk ditabung sebagai simpanan dana darurat. Dengan mengumpulkan dana darurat tersebut, kamu bisa meminimalisir risiko terjebak pinjaman saat keperluan mendadak muncul, lho. Besarnya jumlah untuk mengumpulkan dana darurat idealnya sebesar 6 sampai 12 kali nilai pengeluaran rutin bulananmu. Jika pengeluaran rutin kamu sekitar Rp3 juta perbulan, maka upayakan memiliki dana darurat sebesar Rp18 juta.

#2 Kebutuhan terduga untuk masa mendatang

Harga spirit doll saat ini sudah mencapai ratusan juta, lho. Uang sebanyak ini tentu bisa disimpan untuk kebutuhan terduga di masa mendatang. Misalnya, beli rumah, kendaraan yang kamu impikan, atau malah untuk pendidikan anak. Dengan demikian, dana yang kamu tabung pun memadai dalam membiayai keperluan tersebut di masa depan.

#3 Biaya untuk menikah

Manfaat menabung lainnya ialah untuk biaya menikah. Banyak dari kita menginginkan pesta pernikahan yang meriah agar dapat dikenang seumur hidup. Tapi, pesta pernikahan yang meriah tentu saja memerlukan budget yang cukup besar, lho. Setidaknya, jika kamu ingin mengadakan pesta meriah, ada biaya yang perlu kamu siapkan, mulai dari Rp100 juta.

Baca juga: Manfaatkan 5 Tips Menuju Merdeka Finansial Berikut Ini, Biar Nggak Nyesel!

#4 Dana pensiun

Menabung untuk dana pensiun sangat penting juga lho, jika kamu ingin masa pensiunmu sejahtera. Saat sudah memenuhi kebutuhan dasar dan dana darurat, kamu bisa menabung untuk kebutuhan yang satu ini. Tidak mau kan, kalau masa tuanya nanti malah merepotkan anak cucu? Untuk itu, kamu perlu menabung dana pensiun.

#5 Mencapai merdeka finansial

Manfaat menabung yang terakhir ialah untuk mencapai merdeka finansial. Siapa sih, yang nggak mau merdeka secara finansial? Semua orang pasti menginginkannya. Menabung merupakan salah satu caranya. Selain menabung, banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mencapai merdeka finansial yaitu dengan menentukan tujuan, hidup minimalis, membuat anggaran, dan perhatikan kredit. Jika kita sudah mencapai hal tersebut, kita sudah tidak perlu lagi khawatir mengenai finansial, deh.

Itulah beberapa manfaat menabung yang dapat kamu rasakan. Membeli spirit doll mungkin keren, tapi bisa jadi bukan menjadi prioritas untuk saat ini. Jadi, lebih baik ditabung bukan?

Tidak ada yang tahu keadaan kehidupan di masa depan kita akan menjadi seperti apa. Untuk itu, kita harus mengantisipasinya dengan menabung. Yuk, mulai atur keuanganmu dengan tidak membeli hal-hal yang belum perlu!