Blog

10 Tips Terbaik untuk Mencapai Financial Freedom di Usia Muda

financial freedom di usia muda

Sekarang ini, terdapat kiat-kiat khusus yang wajib kamu lakukan jika ingin mencapai financial freedom di usia muda.

Seperti yang kita ketahui, financial freedom atau kebebasan finansial adalah salah satu tujuan besar yang kini diinginkan oleh banyak orang.

Hal ini tentunya didorong oleh kesadaran bahwa hampir setiap aspek kehidupan kita membutuhkan uang.

Jika ditelaah lebih jauh, kebebasan finansial merupakan situasi di mana seseorang memiliki cukup kekayaan untuk memenuhi kebutuhan hidup tanpa harus bekerja keras.

Hal ini berlaku karena dalam kondisi kebebasan finansial, kamu memiliki aset yang mampu menghasilkan pendapatan lebih besar dari biaya hidup.

Dengan demikian, hasil dari aset bisa dinikmati dan kamu tak harus bekerja keras untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan.

Namun, mencapai kebebasan finansial tidaklah mudah. Banyak hal yang harus kamu pelajari, pahami, dan terapkan jika ingin meraih kondisi tersebut. Alhasil, tak banyak yang sepakat bahwa kebebasan tersebut bisa diraih di usia muda.

Padahal tidak demikian. Dengan langkah-langkah yang tepat dan inisiatif berkelanjutan, financial freedom bisa dimiliki oleh kamu dan pemuda lainnya.

Nah, dalam rangka merayakan semangat hari Sumpah Pemuda, GajiGesa akan memberikan beberapa tips agar kamu bisa segera mencapai financial freedom di usia muda.

Yuk, simak selengkapnya dalam artikel berikut ini!

Manfaat Kebebasan Finansial untuk Pekerja

financial freedom di usia muda

Sebelum membahas beberapa cara untuk mencapai financial freedom, perlu diketahui terlebih dahulu beragam manfaatnya.

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, kebebasan finansial tercapai ketika aset seseorang memiliki nilai yang tetap atau bahkan terus menghasilkan keuntungan secara stabil. 

Dalam kondisi ini, ada beberapa manfaat yang bisa dirasakan dari mencapai kebebasan finansial. Berikut pemaparannya sesuai ujaran Investopedia:

  • Tidak perlu khawatir tentang cara memenuhi kebutuhan hidup
  • Tetap memperoleh penghasilan yang stabil meskipun tidak bekerja
  • Bisa menentukan waktu yang tepat untuk pensiun
  • Lebih dapat menikmati hidup dengan tenang

Tips Mencapai Financial Freedom di Usia Muda

tips kebebasan finansial

Bagaimana? Melihat beberapa contoh di atas, tak heran jika kini banyak orang yang berjuang untuk mencapai financial freedom di usia muda.

Sayangnya, kebanyakan pekerja kini masih jauh dari kondisi kebebasan finansial. Bahkan tanpa keadaan darurat finansial sesekali, pekerja banyak yang merasakan beban dari utang yang terus menumpuk.

Pengeluaran yang berlebihan sebagai bagian dari sandwich generation ikut menjadi beban konstan yang menghalangi mereka mencapai tujuan keuangannya.

Krisis besar—seperti pandemi—juga benar-benar mengacaukan semua rencana dan membuat lubang tambahan bagi perjalanan pekerja menuju kebebasan finansial.

Nah, yang perlu diingat adalag bahwa masalah terjadi pada hampir semua orang, tetapi 12 tips ini dapat menempatkanmu pada di jalur yang tepat untuk mencapai financial freedom di usia muda:

1. Mengukur kondisi finansial saat ini

Jika ingin mencapai financial freedom di usia muda, hal wajib yang perlu kamu lakukan adalah mengukur kondisi finansial saat ini.

Kebebasan finansial dapat diukur dengan cara melihat apakah pendapatan sudah mampu untuk memenuhi semua kebutuhan.

Cara sederhana untuk mengukur hal ini tak lain dengan menentukan apakah jumlah uang bulanan benar-benar sudah cukup untuk menutupi kebutuhan selama sebulan ke depan.

Jika belum, berarti kebebasan finansial masih terlalu jauh dari genggamanmu.

2. Memiliki tujuan keuangan

Menentukan tujuan keuangan sangat penting dalam membantu perjalananmu menuju kebebasan finansial.

Hal tersebut bisa membantumu untuk merumuskan strategi dan target bulanan, seperti menghemat 20% dari pengeluaran untuk menambah tabungan, atau menargetkan peningkatan pendapatan sebesar 30% di bulan depan.

Memiliki tujuangan keuangan juga bisa menjadi motivasi yang baik, khususnya jika kamu sedang merasa lelah atau tergoda dengan banyaknya tawaran diskon.

3. Cari perusahaan dengan benefit terbaik

Untuk mencapai financial freedom di usia muda, kamu perlu mencari perusahaan yang mampu memberikan karyawannya benefit terbaik.

Bagaimana tidak? Rasanya bukan rahasia lagi bila sekadar gaji tidak akan cukup bagimu untuk memenuhi kebutuhan. Bahkan, keperluan menabung pun terhambat, jadi tidak tenang di kondisi darurat, dan mencapai kebebasan finansial terasa makin berat.

Maka dari itu, wajar jika kini hampir seluruh karyawan mengajukan benefit paling top dari perusahaannya.

Nah, di tahun 2024 sendiri, karyawan sendiri tak bisa hanya sekadar mengajukan kompensasi atau benefit. Layanan yang diberikan perusahaan harus bisa memastikan kesejahteraan finansial kamu dalam jangka waktu yang panjang. 

Melihat hal tersebut, kompensasi finansial yang kini menjadi incaran banyak pekerja bertalenta adalah layanan seperti Earned Wage Access (EWA) GajiGesa.

Earned Wage Access GajiGesa

Ya, bagi kamu yang belum kenal Earned Wage Access (EWA) atau Akses Gaji Fleksibel merupakan sistem gaji mutakhir yang terkenal ampuh dalam meningkatkan kesejahteraan finansial karyawan.

Dengan layanan ini, kamu sebagai karyawan jadi memiliki kendali penuh atau akses terhadap gaji. Sehingga saat kebutuhan mendesak tiba, kamu bisa langsung menarik gaji lebih awal tanpa harus menunggu tanggal gajian tiba.

Hal tersebut sudah pasti bisa membantumu untuk menghindari pinjaman dan judi online yang dapat membuat kesehatan keuangan justru semakin buruk.

Kehadiran EWA pun bisa membuatmu makin hemat dan keperluan menabung dijamin bakal terasa lebih mudah. Dalam kata lain, Earned Wage Access GajiGesa akan membuat perjalananmu mencapai financial freedom jauh lebih mulus.

Tak hanya itu. Kesejahteraan finansial yang hadir karena EWA akan menjauhkanmu dari bahaya stres finansial. Sehingga, produktivitas dan performamu di kantor juga takkan surut.

Bagaimana? Menarik, kan? Nah, layanan Earned Wage Access GajiGesa akan langsung tersedia setelah perusahaanmu bekerja sama dengan kami.

Jadi, jangan sampai ketinggalan. Yuk, rekomendasikan perusahaanmu pada GajiGesa dengan mengisi formulir di bawah ini atau tekan tombol berikut. Prioritaskan kesejahteraan finansialmu sekarang juga!

4. Hidup sesuai kemampuan

Cara mencapai financial freedom di usia muda selanjutnya adalah dengan hidup sesuai kemampuan kamu saat ini.

Mengendalikan diri untuk memahami kemampuan dan kebutuhan diri sangat penting untuk diterapkan jika kamu ingin mencapai kebebasan finansial. 

Hal ini akan membantu kamu tetap bijak dalam menghadapi lingkungan atau relasi dengan gaya hidup yang beragam. Dalam kata lain, kamu tidak akan mudah terbawa arus atau memaksakan diri pada hal yang tidak diperlukan.

Dengan pengendalian diri yang baik, nilai dan jumlah aset serta pendapatan kamu akan lebih terjaga.

5. Membuat anggaran kebutuhan

Tahukah kamu? Kalau membuat anggaran bulanan untuk mencatat semua cicilan, tagihan, dan kebutuhan lainnya sangat penting. 

Dengan begitu, kamu dapat memastikan semua kebutuhan utama terpenuhi dan terhindar dari pembelian barang-barang yang tidak diperlukan, serta dapat lebih mengontrol pengeluaran.

6. Menerapkan penghematan

Berikutnya, coba tinjau kembali anggaran bulanan kamu dan lihat apakah ada pengeluaran yang bisa dikurangi.

Jika kamu ingin mencapai financial freedom di usia muda, bijaklah dalam menggunakan dana darurat, dan jangan sampai dana tersebut digunakan untuk kebutuhan rutin. 

Semakin baik pengelolaan keuangan, semakin cepat kamu mencapai kebebasan finansial.

7. Melunasi semua utang dan cicilan

Selain itu, usahakan untuk segera melunasi semua utang dan cicilan setiap kali kamu memiliki uang lebih.

Jangan sampai sebelum utang lunas, kamu mengambil pinjaman lain lagi. Semakin sedikit utang yang dimiliki, semakin cepat kebebasan finansial dapat tercapai.

8. Menambah sumber pendapatan

Meningkatkan pendapatan bisa dilakukan dengan banyak cara, seperti memulai bisnis sampingan, mengambil pekerjaan tambahan, membuka UMKM, atau bergabung dalam franchise

Sumber pendapatan tambahan ini dapat membantu memenuhi kebutuhan bulanan, sementara pendapatan utama dapat diinvestasikan untuk mencapai kebebasan finansial.

9. Menjaga kesehatan

Kesehatan adalah aset berharga, jadi pastikan untuk menjaga kondisi tubuh dengan baik. 

Lakukan pemeriksaan kesehatan rutin, hindari gaya hidup tidak sehat, dan tetap jaga keseimbangan agar kamu bisa menikmati kebebasan finansial dengan lebih baik di masa depan.

10. Mulai berinvestasi

Uang yang hanya disimpan di bank bisa berkurang nilainya karena biaya administrasi dan pajak. 

Namun, dengan berinvestasi, kamu dapat melindungi dan mengembangkan nilai aset tersebut.

Kamu dapat pelajari berbagai jenis investasi yang tersedia, masing-masing memiliki karakter, keuntungan, dan risikonya sendiri. 

Yuk, mulai berinvestasi sekarang untuk mempercepat mencapai kebebasan finansial.

Hubungi Kami