fbpx
cara menjadi pemimpin yang baik

18 Cara Menjadi Pemimpin yang Baik, Wajib Catat!

Menjadi seorang pemimpin yang baik tidaklah mudah. Kamu perlu mencari tahu lebih dalam untuk menemukan cara menjadi pemimpin yang baik. Berikut tipsnya!

Kepemimpinan bukan untuk menjadi seseorang yang besar hati. Dibutuhkan sifat ketabahan, kerja keras dan semangat yang tinggi. Bagaimana kamu bisa belajar menjadi pemimpin yang baik? Berikut adalah 18 cara yang akan membantu meningkatkan keterampilan kepemimpinan yang baik.

Baca juga: 5 Tipe Karyawan di Kantor dan Bagaimana Memimpin Mereka

#1 Cintai tim kamu

Anggota tim kamu bukan sekedar nomor penjualan atau roda gigi dalam mesin. Mereka adalah orang-orang yang memiliki harapan, impian, ketakutan dan daya juang. Setiap karyawan berhak diperlakukan dengan hormat dan bermartabat baik. Cara menjadi pemimpin yang baik yaitu memperlakukan mereka seperti keluarga. Alhasil kamu akan memiliki budaya perusahaan yang luar biasa di mana karyawan peduli satu sama lain merasa tergabung dalam perusahaan.

#2 Berikan pujian

Cara menjadi pemimpin yang baik kamu bisa memberikan pujian yang tulus atau pengakuan atas kerja keras karyawan. Hal ini akan sangat membantu meningkatkan moral mereka. Jika kamu tidak bisa memberikan pujian secara langsung, kamu bisa meluangkan beberapa menit atau tulis catatan pribadi kepada seseorang di tim kamu yang telah memberikan prestasi bagi perusahaan.

#3 Jadilah pemimpin, bukan bos

Seorang bos mengharapkan setiap anggota tim untuk segera melakukan apa yang diperintahkan. Karyawan mengerti jika seorang bos memberi perintah maka harus diikuti, bila tidak karyawan akan dipecat. Hal ini justru memperburuk suasana dalam perusahaan, maka jadilah sebagai seorang pemimpin bukan bos. Seorang pemimpin yang baik, karyawan akan tetap mengerjakan perintah bukan karena kewajiban tetapi karena kesetiaan. Bersikaplah secara transparan dan jelaskan mengapa kamu harus melakukan tugas yang akan dikerjakan. Ketika karyawan tahu alasan di balik keputusan kamu, mereka lebih cenderung memahami dan mengikuti kamu.

#4 Kelilingi diri kamu dengan orang yang rajin dan giat

Cara menjadi pemimpin yang baik adalah kamu harus menemukan orang-orang yang tepat untuk perusahaan. Salah satu cara terbaik untuk merekrut anggota adalah melalui tim. Beri tahu mereka bahwa kamu sedang mencari karyawan baru dan memiliki berprestasi tinggi. Kamu dapat menawarkan hadiah uang tunai untuk setiap rujukan yang mengarah pada perekrutan yang sukses.

Baca juga: Para Employer, Ini 10 Cara Meningkatkan Motivasi Kerja Karyawan di Kantor!

#5 Berikan visi

Memberikan visi perusahaan adalah cara menjadi pemimpin yang baik. Jika kamu memberitahu karyawan mengenai tujuan apa yang sedang kamu jalankan maka mereka akan bekerja lebih keras dan paham atas kerjaanya. Jadi, beri tahu tim kamu alasan dan tujuan jangka pendek maupun panjang.

#6 Perlakukan karyawan dengan cara yang benar

Cara menjadi pemimpin yang baik kamu harus bisa memperlakukan karyawan dengan benar. Ketika karyawan mengharapkan untuk dipuji maka berikan pujian. Jika karyawan butuh bantuan maka berikan bantuan. Bagaimana karyawan ingin menghormati pemimpinnya jika mereka tidak diperlakukan dengan benar. Oleh karena itu, cara menjadi pemimpin yang baik harus memperlakukan karyawan dengan benar.

#7 Komunikasi

Kegagalan berkomunikasi akan membuat kepercayaan terhadap karyawan menurun. Berikan informasi penting maupun hal-hal kecil yang sedang terjadi. Informasi baik maupun buruk. Menciptakan budaya komunikasi terbuka akan membantu menghilangkan dugaan-dugaan dari karyawan.

#8 Memimpin dengan contoh

Cara menjadi pemimpin yang baik adalah dengan memberikan contoh. Apakah kamu ingin karyawan mengubah tindakan mereka? Maka kamu perlu membimbing dan menginspirasi mereka melalui tindakan. Berikan contoh dari apa yang kamu katakan menjadi sebuah tindakan dan tampilkan di hadapan karyawan. Karyawan akan melihat sosok pemimpin yang sebenarnya bukan asal perintah.

#9 Pelajari cara mengatakan “tidak”

Sebagian besar kepemimpinan adalah bersedia mengatakan tidak pada hal-hal yang menurutnya berpengaruh pada perusahaan. Berani mengatakan “tidak” akan membuat semua karyawan merasa seorang pemimpin mempunyai prinsip dan integritas. Oleh sebab itu seorang pemimpin akan memiliki tanggung jawab atas keputusannya.

#10 Percaya diri namun rendah hati

Cara menjadi pemimpin yang baik bisa dengan memiliki sifat percaya diri namun tetap rendah hati. Pastikan rasa percaya diri dan kemampuan tidak bertindak seperti dunia berputar di sekitar kamu saja. Kamu tidak perlu bertindak seperti baru saja menerima penghargaan yang tak terduga. Kamu dapat belajar untuk berlatih kerendahan hati yang tulus ketika sedang dipuji. 

#11 Memiliki karakter dan integritas yang kuat

Cara menjadi pemimpin yang baik dengan memiliki karakter dan integritas yang kuat. Pemimpin harus memiliki karakter dan integritas yang kuat setiap saat. Ini harus menjadi inti dari siapa kamu dan menjadi kekuatan pendorong untuk keputusan yang kamu buat. Menjadi disiplin tentang pilihan dan kebiasaan hidup (baik di dalam maupun di luar pekerjaan) adalah kunci menjadi pemimpin yang berintegritas.

#12 Bertindak profesional

Cara menjadi pemimpin yang baik dengan bertindak secara profesional dalam komunikasi dan interaksi dengan orang lain. Sangat sulit untuk mengharapkan rasa hormat dari karyawan kamu ketika kamu bahkan tidak membawa diri dengan baik. Patuhi aturan yang kamu putuskan dan akui kesalahan yang dilakukan.

Baca juga: Apakah Kultur Perusahaan dapat Diubah? Berikut Tipsnya!

#13 Dapat dipercaya dan belajar untuk mempercayai orang lain

Cara menjadi pemimpin yang baik harus dapat dipercaya dan juga memiliki kepercayaan penuh kepada karyawan. Jika kamu merasa seperti tidak dapat mempercayai seseorang, jangan mempekerjakan mereka untuk berada di tim kamu. Hanya pekerjakan karyawan yang kamu percaya untuk menyelesaikan pekerjaan dengan kejujuran dan integritas. 

#14 Memberdayakan orang lain 

Para pemimpin besar memberdayakan banyak karyawan. Pemimpin membekali para karyawan mengambil kesempatan untuk memahami tugas yang sedang dikerjakan. Pembekalan mengenai ilmu atau cara dalam melakukan tugas akan memberikan pemahaman untuk karyawan. Pemahaman itu akan berguna bagi karyawan di luar pekerjaan.

#15 Jadilah setia

Ketika orang berganti pekerjaan lebih cepat daripada pemain NBA berganti tim maka kesetiaan menjadi permasalahan baru. Banyak pemimpin mengharapkan kesetiaan penuh dari orang-orang yang bekerja dengan mereka, tetapi ini adalah jalan dua arah. Ketika kamu ingin belajar bagaimana cara menjadi pemimpin yang baik maka harus meningkatkan loyalitas kepada karyawan.

#16 Bertindaklah dengan keberanian

Menjadi seorang pemimpin sering membawa beban dalam membuat keputusan yang sulit. Kamu harus memiliki keberanian untuk mengambil resiko dalam setiap keputusan. Bila pemimpin ragu atas apa yang diputuskan maka para karyawan ikut merasa ragu atas kepimpinan yang dilihatnya.

#17 Menerima perubahan

Cara menjadi pemimpin yang baik harus tahu perubahan yang akan dan sedang terjadi dalam suatu organisasi. Pasang surut dari aliran perusahaan dari waktu ke waktu adalah bagian dari proses perkembangan perusahaan. Seorang pemimpin yang hebat tahu bagaimana menyesuaikan diri dengan perubahan, kapan harus menerima perubahan, dan bagaimana mengatasi perubahan yang terjadi.

#18 Jadilah pemimpin yang melayani

Inti dari kepemimpinan yang melayani yaitu membantu karyawan melakukan pekerjaan mereka dengan baik. Cara menjadi pemimpin yang baik kamu harus memperlakukan karyawan bahwa mereka penting dan memenuhi kebutuhan yang karyawan butuhkan. Siapa yang tidak ingin mengikuti pemimpin seperti itu?

Itulah hal-hal yang bisa kamu lakukan sebagai pemimpin organisasi maupun perusahaan. Jadilah pemimpin yang bertindak benar! 

 

Sumber: Ramsey

Simak juga:

HRD Wajib Catat! 6 Cara Merekrut dan Meretain Talent Terbaik di Organisasimu

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *