Resources

7 Tips Mengelola Dana Darurat yang Baik dan Benar

Mengelola dana darurat ternyata tidak semudah yang dibayangkan karena masih banyak orang yang tergoda untuk menggunakannya. Ingin tahu bagaimana mengelola yang baik dan benar? Simak artikel berikut!

mengelola dana darurat

Apakah kamu selama ini sudah mengumpulkan dana darurat? Jika iya, itu sangat bagus. Karena banyak pakar perencanaan keuangan yang menyarankan untuk mengumpulkan dana darurat. Kamu setidaknya harus menyisihkan 10 persen dari setiap penghasilan bulanan kamu. Dana darurat akan bermanfaat untuk digunakan atau membiayai hal-hal yang tidak terduga. Tapi, sayangnya untuk mengelola dana darurat tersebut tidak mudah. Karena orang akan cenderung tergoda untuk menggunakannya. Oleh sebab itu, artikel berikut ini akan memberikan kamu tips mengelola dana darurat tersebut.

Baca juga: 6 Tips Mengatasi Stres Keuangan yang Bisa Dilakukan

#1 Sesuaikan kondisi keuangan

Saat mengumpulkan dana darurat, kamu tidak perlu memaksakan. Jika kamu memang tidak menyanggupi, kamu tidak perlu memaksakan diri. Cukup sesuaikan dengan berapa hasil dan pendapatan yang kamu dapatkan setiap bulannya. Jangan sampai, demi mengumpulkan dana darurat kamu jadi melupakan kebutuhan utama lainnya.

#2 Tentukan berapa jumlahnya

Tips selanjutnya yaitu dengan menentukan berapa jumlah yang ingin disisihkan terlebih dahulu. Dalam menyisihkan dana darurat idealnya ialah 5 persen hingga 10 persen dari penghasilan. Saat jumlahnya sudah jelas akan memudahkan kamu untuk menyisihkannya.

Baca juga: Menyimpan Lebih Banyak Uang dengan Gaya Hidup Minimalis

#3 Mengelola dana darurat dengan membuat rekening khusus

Sering kali terjadi saat mengumpulkan dana darurat tapi malah digunakan untuk hal yang tidak terlalu penting. Untuk menghindarinya, kamu dapat membuat rekening khusus dana darurat. Kemudian, yakinkan diri untuk tidak akan menggunakannya kecuali kebutuhan darurat terjadi. 

#4 Lakukan secara konsisten

Saat mengumpulkan dana darurat kamu harus melakukannya secara konsisten. Kamu tidak perlu menyisihkan dana darurat dalam jumlah besar tetapi hanya bertahan selama beberapa bulan saja. Cukup sisihkan dengan jumlah kecil tetapi kamu konsisten mengumpulkannya setiap bulan.

#5 Mengelola dana darurat dengan mengurangi pengeluaran yang tidak diperlukan

Mulai sekarang kamu dapat mencoba mengurangi pengeluaran yang tidak perlu. Daripada uang yang kamu hasilkan digunakan untuk hal-hal yang tidak penting, lebih baik dialokasikan lebih untuk dana darurat. 

Baca juga: Sebentar Lagi Tahun 2022, Yuk Buat Resolusi Finansial!

#6 Mengelola dana darurat dengan selalu pantau jumlahnya

Tips selanjutnya kamu dapat memantau jumlah dana darurat yang telah terkumpul. Hal ini bertujuan agar kamu selalu mengetahui berapa jumlahnya. Selain itu, memantau jumlah dana darurat juga akan bisa memotivasi kamu untuk terus mengumpulkannya.

#7 Mulai sekarang juga

Tips terakhir yaitu dengan mulai sekarang juga untuk mengumpulkan dana darurat. Kamu tidak perlu menunggu waktu yang pas. Karena mengumpulkan dana darurat dapat dilakukan kapan pun. Jangan sampai kamu mengumpulkan dana darurat hanya saat dalam waktu tertentu saja.

 

Sumber: Daya

Simak juga:

Wajib di Coba! 3 Resolusi Perusahaan untuk Memberikan Pelatihan Karyawan

Tingkatkan Produktivitas Karyawanmu dengan Mengatasi Stres Finansialnya Bersama GajiGesa!