Resources

Perbedaan Human Capital dan Human Resources

Kamu masih bingung membedakan profesi SDM? Simak perbedaan human capital dan human resources di artikel ini.
perbedaan human capital dan human resources

Awal mulanya, dalam sebuah perusahaan tugas dan fungsi pengelolaan karyawan dikerjakan bersama-sama. Mulai dari rekrutmen, menawarkan kompensasi hingga menghitung gaji. Sehingga tidak ada perbedaan human capital dan human resources

Seiring berjalannya waktu, perusahaan yang semakin besar harus memisahkan tugas pengelolaan karyawan karena semakin banyak departemen yang butuh dikelola. Untuk kamu yang masih bingung perbedaan antara human capital dan human resource, berikut ini adalah penjelasan lengkapnya. 

Pengertian Human Capital

Jika diartikan ke bahasa Indonesia, human capital memiliki arti ‘modal manusia’. Capital sendiri mengacu pada barang atau jasa yang diproduksi untuk membantu perusahaan menghasilkan kualitas tingkat tinggi. 

Secara luas, yang dimaksud dengan human capital adalah usaha untuk mengembangkan dan mengelola sumber sumber daya manusia sebagai modal berharga perusahaan demi mencapai keuntungan bagi perusahaan. 

Human capital tidak hanya terpaku pada sumber daya manusia, melainkan juga modal yang dapat memberikan pengembalian. HCM merancang strategi untuk membangun engagement, menurunkan turnover dan meningkatkan loyalitas karyawan. 

HC menilai karyawan dari segi kontribusi, pertumbuhan value, dan peningkatan kompetensi. Di dalam sebuah perusahaan, human capital bertugas untuk merekrut karyawan, melakukan onboarding, serta menilai kinerja karyawan.

Pengertian Human Resources

perbedaan human capital dan human resources

Human resources adalah divisi yang mengelola manusia sebagai sumber daya perusahaan untuk mendukung capaian tujuan perusahaan. Berbeda dengan human capital, human resources memiliki sudut pandang bahwa suatu waktu sumber daya akan habis. 

Semakin bertambah usia, karyawan akan mengalami penurunan produktivitas dan tidak bisa dimanfaatkan lagi. Maka dari itu human resource memiliki tanggung jawab dalam mengevaluasi karyawan, menjaga hubungan dan kesejahteraan karyawan untuk bisa mendatangkan profit bagi perusahaan. 

Seorang HR menilai karyawan berdasarkan hasil pekerjaannya. Semakin baik kinerja karyawan, maka akan semakin tinggi nilai yang diberikan. Para karyawan dengan kinerja yang baik juga akan mendapatkan reward yang telah ditetapkan. 

Perbedaan Human Capital dan Human Resources

Secara umum, HCM dan HRM memiliki kesamaan berupa tanggung jawab dalam menangani masalah yang berkaitan dengan karyawan yang ada di perusahaan. Namun jika dilihat dari fungsi, keduanya memiliki peran yang berbeda. 

HC lebih berfokus pada urusan strategis, sedangkan HR berfokus pada operasional. Berikut ini adalah tabel untuk lebih memudahkan dalam menganalisis perbedaan human resources dan human capital. 

Tabel Perbedaan Human Capital dan Human Resources

Human CapitalHuman Resource
Karyawan sebagai aset.Karyawan sebagai sumber daya.
Karyawan berfungsi sebagai kunci organisasi untuk berkembang.Karyawan berfungsi sebagai pendukung kegiatan industri untuk mencapai laba.
Karyawan diukur dari pengembangan nilainya.Karyawan diukur dari kinerjanya. 
Anggaran karyawan adalah investasi.Anggaran karyawan adalah biaya.
Perusahaan akan terus menambah value karyawan.Perusahaan akan terus mengoptimalkan kerja karyawan. 
Tenaga kerja bisa semakin bernilai seiring waktu.Tenaga kerja akan habis seiring waktu.

Kesimpulannya, HC dan HR hanya berbeda dari perspektifnya saja dalam hal sumber daya manusia. Keduanya masih tetap memiliki tugas serta tanggung jawab yang sama. 

Bagaimana? Sudah paham kan perbedaan antara human capital dan human resources? Jangan sampai salah mengartikan, ya. 

Tingkatkan Produktivitas Karyawanmu dengan Mengatasi Stres Finansialnya Bersama GajiGesa!