Blog

Penting! 5 Perencanaan Keuangan Karyawan dengan Earned Wage Access

Karyawan harus bisa mengatur keuangan agar terhindar dari masalah keuangan. Simak yuk, perencanaan keuangan karyawan dengan EWA, di artikel berikut ini!
perencanaan keuangan karyawan dengan ewa

Karyawanmu sering mengalami kesulitan dalam mengatur keuangan? Untuk itu, kamu harus tahu perencanaan keuangan karyawan dengan Earned Wage Access (EWA).

Mengelola keuangan memang salah satu tantangan terbesar bagi karyawan. Bahkan, banyak karyawan yang mengalami kurang uang sebelum hari gajian selanjutnya tiba. Biasanya, ini terjadi karena adanya kebutuhan uang mendadak saat tengah bulan. Tentu saja hal itu akan berdampak pada kesehatan finansial dan kesejahteraan mereka. 

Seringkali pemberi kerja mengetahui masalah tersebut, namun bingung harus berbuat apa. Padahal, pemberi kerja bisa memberikan solusi Earned Wage Access (EWA) atau akses gaji fleksibel untuk membantu mengatasi stres finansial.

Artikel berikut ini akan memberikan ulasan bagaimana membantu perencanaan keuangan karyawan dengan EWA.

Perencanaan Keuangan Karyawan dengan EWA

perencanaan keuangan karyawan dengan ewa

Memberikan EWA pada karyawan bisa membantu perencanaan keuangannya, lho. Dengan demikian, karyawan dapat mengurangi masalah finansialnya.

#1 Menciptakan hubungan yang jelas antara pendapatan dan pengeluaran

Dengan adanya akses gaji fleksibel, hal ini bisa membantu karyawan lebih sadar akan keuangan mereka. Ini tentu akan memberikan gambaran yang jelas mengenai pendapatan harian mereka. 

Saat karyawan mengetahui berapa jumlah pendapatan yang mereka terima tiap harinya, ini bisa membuatnya untuk menyesuaikan pengeluaran hariannya lebih baik.

Dengan kepastian pendapatan itu, hal ini bisa membantu mengurangi stres dan berdampak besar bagi karyawan. Ini karena masalah finansial merupakan penyebab utama stres dan telah terbukti akan merugikan perusahaan dan karyawan. Kerugian tersebut yaitu mengurangi retensi, kehadiran, hingga produktivitas karyawan.

#2 Memberikan kebebasan pada karyawan untuk membuat anggaran

Ada penelitian yang menunjukkan bahwa pembayaran gaji sekaligus karyawan tiap bulan bisa mempersulit mereka mengatur keuangan.

Setiap orang memang memiliki cara yang berbeda-beda dalam mengelola keuangannya. Nah, jika perusahaan bisa memberikan fleksibilitas dalam mengakses gaji, tentunya ini akan sangat terbantu karyawan.

Mengapa demikian? Dengan gaji instan, karyawan bisa memiliki kebebasan dalam mengatur anggarannya sendiri karena mereka bisa menarik gajinya secara fleksibel.

#3 Mengurangi stres dan ketergantungan pada kartu kredit atau pinjaman online

Apakah kamu pernah memperhatikan kebiasaan orang-orang saat mengalami kesulitan keuangan?

Pilihan mereka terbatas. Biasanya mereka akan tergoda untuk menggunakan kartu kredit atau mengambil pinjaman online untuk memenuhi kebutuhan. Padahal, bunga dari kartu kredit atau pinjaman online tersebut cukup besar. Sehingga, ini bisa semakin menambah stres pada saat jatuh tempo.

Perusahaan bisa membantu perencanaan keuangan karyawan dengan EWA. Dengan akses gaji lebih fleksibel, perusahaan bisa membantu menyelesaikan finansial karyawan. Sehingga, saat membutuhkan uang, mereka bisa langsung menarik gaji harian mereka tanpa perlu berhutang.

Jika karyawan diberikan earned wage access, karyawan tentu bisa mengurangi ketergantungan pada kartu kredit atau pinjaman online.

#4 Membantu melunasi utang lebih cepat dan murah 

Karyawan sering merasa kesulitan untuk melunasi utang yang makin menumpuk. Sebagian orang umumnya akan melunasi utang dengan mencari pinjaman lainnya. Cara ini tidak akan menyelesaikan masalah tentu akan semakin membuat stres.

Dengan memberikan earned wage access, karyawan bisa melunasi utang lebih cepat dan tanpa masalah. Karyawan bisa mengatur kapan saja mereka akan menarik gaji untuk melunasi utang dan terbebas dari beban bunga.

#5 Membangun kebiasaan menabung

Kebiasaan rutin untuk menabung bisa membuat perbedaan besar dari waktu ke waktu, lho.

Jika dilakukan secara kosisten, menabung menjadi sebuah kebiasaan yang baik. Jika ditambah dengan akses gaji yang fleksibel, karyawan bisa memaksimalkan gaya hidup menabungnya sambil mendapatkan kebebasan lebih untuk membuat anggaran.

Biasanya karyawan menyisihkan uang untuk menabung pada setiap anggaran yang dibuatnya. Jika dilakukan secara rutin, kebiasaan menabung bisa terbangun secara berkelanjutan. Sehingga, karyawan memiliki kesehatan finansial yang lebih baik.

Jadi, gimana? Kesejahteraan karyawan merupakan hal yang penting bagi perusahaan juga, lho. Yuk, gabung bersama kami agar bisa membantu dalam perencanaan keuangan karyawan.

Tingkatkan Produktivitas Karyawanmu dengan Mengatasi Stres Finansialnya Bersama GajiGesa!