Blog

Ikuti 5 Tips Terhindar dari Pinjol Ilegal Berikut Ini!

Pinjaman online ilegal memang sangat meresahkan. Begini tips terhindar pinjol yang dapat kamu lakukan agar tidak terjerat!

tips terhindar pinjol

Saat ini teknologi sudah semakin canggih, sehingga semuanya serba digital. Seperti saat ingin melakukan transaksi keuangan pun dapat dilakukan dengan mudah melalui digital. Contohnya saja seperti kegiatan pinjam-meminjam. Sehingga tidak heran jika saat ini pinjaman online terus bertambah banyak di Indonesia. Tetapi sayangnya, kemudahan dari pinjaman online tersebut menimbulkan banyak masalah yang diakibatkan dari pinjaman online ilegal. Banyak masyarakat Indonesia yang terjebak dan mengalami banyak kerugian. Oleh karena itu, kita harus berhati-hati ketika ingin meminjam melalui pinjaman online. Artikel berikut ini akan memberikan kamu tips supaya terhindar pinjol.

Baca juga: Wah, Ini 5 Manfaat Jika Perusahaanmu Menyediakan Akses Gaji Fleksibel

#1 Hindari iklan ajakan yang mencolok

Tips terhindar pinjol yang pertama kamu harus berhati-hati dengan iklan ajakan. Biasanya para pinjol ilegal ini akan memberikan iklan melalui sms atau iklan-iklan spam yang berada saat kamu membuka situs web. Saat kamu mendapatkan iklan tersebut, jangan sampai tergiur untuk bergabung menggunakan jasa mereka. Lebih baik, saat kamu menerima pesan dari pinjol ilegal segera melaporkannya kepada pihak yang berwenang.

#2 Tips terhindar pinjol dengan cek perusahaan pinjol di situs resmi OJK.go.id

Sebelum ingin meminjam pinjaman online, kamu dapat mengeceknya terlebih dahulu lho. Untuk berjaga-jaga apakah pinjaman online yang ingin kamu gunakan tersebut sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) atau belum. Jangan cepat percaya hanya karena di aplikasi pinjol tersebut terdapat logo OJK, karena bisa saja logo tersebut ternyata palsu. Lebih baik dicek kebenarannya terlebih dahulu melalui situs resmi OJK.

Baca juga: Serba-serbi Earned Wage Access yang Perlu Kamu Ketahui

#3 Memastikan legalitas dan rekam jejak digital

Tips terhindar pinjol selanjutnya, kamu dapat memastikan legalitas dan rekam jejak digital. Bagaimana caranya? Kamu dapat mengeceknya melalui internet. Kamu dapat mencari untuk memastikan alamat kantor serta pengurus yang jelas. Kemudian, kamu juga dapat melihat ulasan-ulasan yang diberikan oleh customer.

#4 Hindari peminjaman dengan jumlah besar

Saat ingin meminjam pinjaman online, hindari peminjaman dengan jumlah yang besar. Karena saat kamu meminjam dengan jumlah besar, tentu saja akan dikenakan biaya bunga yang juga sangat besar. Bukannya mengurangi masalah finansial, tetapi justru akan semakin menambah masalah keuanganmu.

Baca juga: 5 Cara Tidak Boros Berikut Ini Bikin Kamu Makin Hemat

#5 Tips terhindar pinjol dengan bergabung dengan Earned Wage Access dari GajiGesa

GajiGesa adalah sebuah platform kesehatan finansial karyawan, yang membantu para buruh atau karyawan untuk dapat mengakses gaji fleksibel sesuai dengan gaji prorata mereka. Salah satu tujuannya yaitu untuk membantu buruh atau karyawan mengatasi masalah finansial dan juga untuk menghindari pinjol. GajiGesa berbeda dengan pinjol karena tidak berbayar seperti pinjol. Karena saat menggunakan GajiGesa yang ditarik ialah gaji kamu secara prorata. Tertarik untuk bergabung bersama GajiGesa? Yuk, ajak perusahaan kamu agar dapat bergabung bersama kami. Hubungi kami.

Sumber: Jakarta Suara

Simak juga:

https://gajigesa.com/manajemen-keuangan-perusahaan/

Tingkatkan Produktivitas Karyawanmu dengan Mengatasi Stres Finansialnya Bersama GajiGesa!