Resources

Pelajari Cara Ukur Loyalitas Karyawan Ini untuk Keuntungan Bisnis Anda

Mengukur loyalitas karyawan merupakan hal yang penting dilakukan oleh sebuah perusahaan.

ukur loyalitas karyawan

Perusahaan perlu tahu tingkat loyalitas karyawan dalam sebuah perusahaan. Tapi, bagaimana cara ukur loyalitas karyawan tersebut?

Kamu mungkin sudah tidak asing dengan kata ‘loyal’ yang sering disebutkan, untuk mengungkapkan kesetiaan seseorang, termasuk dalam bekerja. Bagi perusahaan, mempekerjakan karyawan dengan loyalitas tinggi tentu akan sangat menguntungkan. Tapi, sayangnya, karyawan sering mendapatkan perusahaan dengan kondisi yang tidak selalu seperti apa yang diharapkannya. Hal tersebut tentu akan menimbulkan ketidakpuasan dan berpengaruh pada kinerja karyawan. Kemudian, loyalitas karyawan pada perusahaan pun akan dipertanyakan.
Tetapi, bagaimana jika perusahaan sudah mengupayakan berbagai cara untuk meningkatkan loyalitas karyawan? Apakah perusahaan bisa mengukur tingkat loyalitas karyawan tersebut? Kami akan membahas mengenai cara mengukur loyalitas karyawan dalam artikel ini!

Baca juga: Mau Tahu Pentingnya Loyalitas Kerja Karyawan Bagi Perusahaan?

#1 Pengukuran dengan Net Promoter Score (NPS)

Cara pertama untuk mengetahui tingkat loyalitas karyawan terhadap perusahaan, adalah dengan menggunakan net promoter score (NPS) untuk mengukurnya. Skor ini dibuat untuk mengukur kesediaan karyawan untuk merekomendasikan perusahaan pada orang lain. Buatlah dari skala 1 sampai 10 dan temukan seberapa ingin karyawan merekomendasikan perusahaan pada teman, saudara, atau bahkan, koleganya dalam skala tersebut.
Jika ada karyawan yang menjawab 9 sampai 10, nilai ini dianggap sebagai “promotor bersih”. Kemudian, karyawan bisa dianggap sebagai “promotor pasif” jika skor yang diberikan bernilai 7 hingga 8, dan “pencela” dengan skor 0 hingga 6.

#2 Penghargaan dan survei

Perusahaanmu kesulitan mengukur loyalitas karyawan sendiri? Tidak masalah, ada beragam jasa lembaga survei yang dapat membantumu. Namun, apabila kamu tidak mampu untuk membayar jasa survei tersebut, ada beberapa lembaga yang memang menyediakan layanan untuk melakukan survei lapangan. Lembaga tersebut akan mencoba melihat kondisi perusahaan, mulai dari lingkungan hingga loyalitas karyawan. Lembaga survei ini juga akan memberikan penghargaan bagi perusahaan yang bisa membahagiakan karyawannya, lho.

Baca juga: 6 Cara Ini dapat Menumbuhkan Loyalitas pada Karyawan Lho!

#3 Keterlibatan karyawan

Selain dengan cara di atas, perusahaan juga dapat melihat loyalitas karyawan melalui hal-hal kecil atau simpel, seperti keterlibatan karyawan. Contohnya, apakah karyawan bersedia untuk pergi makan acara kantor setelah bekerja, bagaimana sikap karyawan saat bekerja, dan lain sebagainya.
Mengukur loyalitas karyawan terhadap perusahaan tentu memiliki beberapa keuntungan untuk bisnismu, lho. Salah satunya yaitu, meningkatkan citra baik bisnis di mata publik. Sehingga, calon-calon karyawan lain bisa mengidamkan tempat usahamu ini menjadi perusahaan impian mereka untuk bekerja.

Simak juga:

Tingkatkan Loyalitas Karyawan dengan 5 Benefit Bermanfaat Berikut!

Tingkatkan Produktivitas Karyawanmu dengan Mengatasi Stres Finansialnya Bersama GajiGesa!