Resources

Harus Tahu! 5 Peran Metaverse Terhadap Dunia Kerja

Mau tahu apa saja peran metaverse dalam dunia kerja? Yuk, simak ulasannya di artikel berikut ini!

peran metaverse

Saat ini, cara kita hidup telah mengalami banyak perubahan akibat perkembangan teknologi yang makin pesat. Perubahan ini terjadi mulai dari gaya hidup, pola interaksi, hingga dalam bekerja. Segala bentuk sosialisasi yang dilakukan dalam dunia nyata akan bergeser menjadi dunia “metaverse”

Apakah kamu tahu apa itu metaverse? Metaverse merupakan gabungan kata meta yang berarti beyond atau “melewati saat ini”. Serta, verse yang artinya dunia atau “versi saat ini”. Jadi, metaverse yaitu dunia yang lebih maju dari saat ini sehingga bisa menawarkan bentuk sosialisasi baru yang tidak terbatas. Lalu, bagaimana dunia baru ini mempengaruhi dunia kerja? Berikut beberapa peran metaverse terhadap dunia kerja yang perlu kamu ketahui.

Baca juga: Penting! Cara Mengelola Keuangan Perusahaan yang Harus Kamu Ketahui

#1 Peran metaverse pada pola kerja

Mungkin sebelumnya pola kerja yang kita selalu lakukan bisa terbilang monoton. Kita setiap hari mempunyai jam kerja yang sama. Contohnya, bagi pegawai kantoran memiliki jam masuk yang sama mulai pukul 09.00 pagi dan pulang 06.00 sore hari. Dengan adanya dunia metaverse, ini membuat perubahan menjadi tidak terpaut pada waktu dalam bekerja. Oleh karena itu, saat bekerja, hal yang paling utama adalah hasil akhir, tidak peduli berapa lama dalam bekerja atau pukul berapa kita mulai bekerja. Hanya output yang diinginkan di metaverse

#2 Metaverse dalam jenis pekerjaan

Di dalam dunia metaverse sudah tidak membutuhkan lagi jenis pekerjaan yang kasar atau pun menggunakan tenaga besar. Karena, di dunia ini hanyalah gambaran ilusi tiga dimensi yang disajikan dalam bentuk data komputer dengan algoritma tertentu. Oleh sebab itu, dunia metaverse hanya akan diisi oleh orang-orang yang memiliki pola pikir kreatif dan imajinatif. Contohnya seperti artis, seniman, atau programmer.

Baca juga: Wajib di Coba! 3 Resolusi Perusahaan untuk Memberikan Pelatihan Karyawan

#3 Peran metaverse pada gaji

Tujuan dari kita bekerja tentu saja karena ingin mendapatkan gaji. Gaji yang dihasilkan tersebut setimpal dengan waktu dan energi yang kita habiskan. Namun, dalam dunia metaverse, hanya ide yang dinilai lebih mahal dibandingkan kerja keras yang dilakukan. Oleh sebab itu, gaji di dalam dunia metaverse tidak ternilai dengan uang nyata. Gaji yang diberikan dalam dunia tersebut ialah, seperti crypto atau bitcoin.

#4 Metaverse pada jenjang jabatan

Dalam dunia nyata, jenjang jabatan merupakan hal yang sangat penting bagi semua orang. Batasan antara atasan dan bawahan serta senioritas sering terjadi dalam dunia nyata. Bahkan, tidak jarang juga yang melakukan saling “sikut” atau “menjilat” untuk mencapai posisi penting. Namun, dalam dunia metaverse, senioritas bukanlah prestasi. Karena, hanya ide kreatif yang dianggap prestasi. Mau muda atau pun tua, jika memiliki kreativitas yang tinggi, itulah yang akan dianggap di dalam dunia metaverse.

Baca juga: Ingin Mengembangkan Perusahaan? Yuk, Ketahui Cara Mencari Investor Berikut!

#5 Peran metaverse pada sosialisasi

Bersosialisasi pada dunia metaverse dan dunia nyata tentu saja akan sangat berbeda. Dalam dunia metaverse, orang bebas untuk menjadi siapa saja. Tidak akan ada yang menanyakan mengenai gender, warna kulit, asal, bahkan warga negara. Ini disebabkan oleh karakter metaverse itu sendiri, yaitu dunia yang bebas dan terbuka untuk siapa saja.

Itulah beberapa peran metaverse pada dunia kerja yang perlu kamu ketahui. Apakah kamu lebih menyukai dunia nyata atau dunia metaverse?

 

Simak juga:

5 Cara Tidak Boros Berikut Ini Bikin Kamu Makin Hemat